Welcome to Catatan mas Reza

Get this widget!

Jumat, 08 Maret 2013

Pengertian Bad Sector Harddisk



Pengertian Bad Sector Harddisk | Salah satu perangkat keras vital pada komputer maupun laptop adalah harddisk. Harddisk merupakan sebuah perangkat keras yang digunakan untuk menyimpan file-file sistem operasi maupun file-file data pribadi.

Salah satu komponen Harddisk yang rawan akan kerusakan yaitu piringan atau cakram platter yang selalu berputar ketika komputer dalam keadaan hidup.

Kerusakan yang sering terjadi pada piringan platter Harddisk ini biasa disebut Bad Sector. Dinamakan Bad Sector karena ada bagian sector-sector pada platter yang rusak sehingga hal ini menyebabkan harddisk sulit bahkan tidak bisa dibaca (Read) maupun ditulis (Write).



Ciri-Ciri Harddisk Yang Terkena Bad Sector
Ada beberapa tanda-tanda yang dapat kita lihat jika harddisk pada komputer kita terkena bad sector :
  • Komputer atau laptop tiba-tiba "hang" atau not responsing ketika menjalankan aplikasi-aplikasi komputer dan kejadian ini sering.
  • Jika diamati dari suaranya, harddisk berputar dengan suara yang tidak wajar. Namun hal ini kecil kemungkinannya, kecuali jika harddisk memang ada cacat yang besar dikomponen hardware nya.
  • Kinerja komputer semakin lambat atau "lemot". Misalnya saat membuka folder-folder dalam drive komputer.
  • Ada file-file yang hilang bahkan partisi yang hilang. Ini jika sudah kronis stadium 4.
  • Saat booting tidak mau masuk ke sistem operasi bahkan dilayar tidak muncul apa-apa alias hanya layar hitam pekat saja.

Penyebab Bad Sector
Bad Sector dapat kita cegah dan atasi jika kita tahu penyebabnya sebagai berikut :
  • Power Supply Unit yang kurang mampu memberikan daya yang cukup pada harddisk.
  • Mematikan komputer secara paksa atau tidak sesuai prosedur (menu Shutdown). Salah satu penyebab yang sering terjadi adalah mematikan komputer atau laptop langsung ditekan melalui tombol powernya atau langsung dicabut kabel dayanya, sehingga komputer yang masih menjalankan program aplikasi akan mati secara paksa. Selain akan merusak harddisk, hal ini juga berpengaruh pada memori RAM dan jika menggunakan laptop akan berpengaruh pada baterai.
  • Arus listrik atau voltage yang tidak stabil. Saya sarankan untuk menggunakan UPS.
  • Suhu komputer yang terlalu panas. Hal ini disebabkan tidak terpasangnya Fan harddisk maupun fan pada CPU.
  • Umur HDD yang sudah lama.
  • Akibat benturan yang keras
Untuk cara memperbaiki harddisk bisa kita lakukan dengan beberapa cara dan sudah ada tool nya, untuk cara memperbaiki harddisk yang bad sector akan saya posting di postingan berikutnya. Semoga informasi pengertian bad sector ini bermanfaat bagi anda dalam merawat komputer atau laptop anda.



Semoga bermanfaat...
by : http://catatanmasreza.blogspot.com

0 komentar:

Posting Komentar

Total Tayangan Halaman

Social Icons

Sample Text

Featured Posts

TV Online

    Warung Bebas TV Streaming

    Share

    Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites